Kamis, 04 Desember 2008

Masa Perkembangan Anak

Masa kanak-kanak adalah masa yang sangat penting bagi seorang anak untuk belajar dari dunia sekelilingnya. Anak dapat mengembangkan ketrampilan yang memudahkan baginya menjadi bagian dari lingkungan dan berperan dalam kehidupan keluarga dan masyarakat. Periode awal kehidupan ini ( anak klas VI SD usia 12 – 14 tahun ) adalah masa yang kritis untuk menentukan masa depan anak Pada masa ini banyak terjadi perkembangan perkembangan antara lain :


a. Perkembangan fisik :
bertambahnya tinggi dan berat yang relatif lambat dan uniform. Pada umumnya anak perempuan lebih cepat mencapai pubertas daripada anak laki-lakinya karenanya anak laki-laki pada umumnya lebih pendek dari anak perempuan sebayanya.

b. Perkembangan motorik :
pada masa sekolah merupakan usia yang ideal untuk ketrampilan – ketrampilan yang tidak hanya berguna baginya pada masa itu , tetapi yang juga merupakan fondasi bagi ketrampilan – ketrampilan tinggi yang terkoordinir yang diperlukan dikemudian hari

c. Perkembangan bahasa :
dasar-dasar atau fondasi bahasa diletakkan pada masa kanak-kanak.Perbendaharaan kata anak berkembang begitu cepat , horizon social anak semakin luas, dia sudah menyadari bahwa bahasa merupakan alat yang penting untuk kesatuan kelompok. Hal ini menyebabkan motivasinya menjadi lebih besar untuk berbicara .Pada masa ini pula muncul bahasa rahasia yang dipergunakan untuk berkomunikasi dengan kawan akrabnya.

d. Perkembangan emosi :
emosi-emosi yang umum dialami pada tahap perkembangan ini adalah marah, takut, cemburu,kasih saying, rasa ingin tahu, dan kegembiraan. Dari bertambah luasnya pengalaman dan belajar anak sering muncul pernyataan atau ekspresi baru tentang emosinya.

e. Perkembangan social :
Anak mulai belajar mencintai dan dicintai di rumah , kesuksesan pengalaman social yang pertama akan menentukan keberhasilannya dalam hubungannya di luar lingkungan rumah.

f. Perkembangan pemahaman:
Perasaan dan emosi mempengaruhi apa yang dilihatnya .Konsep-konsepnya sering bersalahan teruatama mengenai konsep social. Pemahaman mengenai lingkungannya akan meningkat melalui pengajaran formal yang diterimanya di kelas tetapi juga dari teman sebayanya dan melalui kemampuan membacanya

g. Perkembangan moral :
Konsep moral anak bersifat subyektif artinya menilai suatu perbuatan benar atau salah berdasarkan akibat-akibat dari perbuatannya sendiri. Pada masa ini anak meletakkan fondasi bagi pengembnanganmoral yang akan menjadi pedoman bagi tingkah laku di kemudian hari

h. Perkembangan minat :
Dengan berkembangnya intelegensi anak timbul pula minat-minat baru. Minat anak bertambah kuat sbagai akibat bertambah luas lingkungannya dan semakin banyak ia berhubuingan dengan orang-orang di luar rumahnya .

i. Hubungan keluarga :
Pengaruh orang tua terutama ibu masih kuat membekas dalam perkembangan kepribadiannya . Baik buruknya tergantungbagaimana sifat hubungan yang ada antara anak dan keluarganya.

j. Kepribadian.
Pola kepribadian yang dasar-dasarnya telah dibangun pada masa bayi mulai terbentuk pada masa sekolah. Faktor-faktor baru mulaimempengaruhi perkembangan kepribadiannya. Keseluruhan konsep dirinya harus sering mengalami perbaikan. Sekarang ia melihat dirinya sebagaimana guru-guru-gurunya, teman atau tetangganya
Read More…

Related Posts by Categories



Widget by Hoctro | Jack Book

Your cOmment"s Here! Hover Your cUrsOr to leave a cOmment.